Sunday, September 1, 2013

Rufus: Cara Mudah dan Cepat Membuat USB Bootable

0 comments
Semakin banyaknya pengguna netbook membuat aplikasi untuk membuat USB bootable makin populer. Daripada membeli DVD Rom eksternal memang lebih murah menggunakan Flashdisk sebagai media untuk menginstall sistem operasi pada netbook yang mereka miliki. Pengguna yang sudah mahir memang bisa menggunakan Command Line untuk membuat USB bootable. Namun kebanyakan lebih memilih menggunakan software pihak ketiga karena lebih mudah dan praktis.

Pengguna Windows bisa menggunakan Windows 7 DVD/USB Tool atau WinToFlash untuk mentransfer file ISO Windows ke Flashdisk dan menjadikannya bootable. Sedangkan untuk Linux bisa menggunakan UNetbootin, Yumi, atau Universal USB Installer.

Beberapa software tersebut mampu bekerja dengan baik dan lancar. Hanya saja metode yang dipakai tetap proses command line sehingga membutuhkan proses transfer yang cukup lama. Lalu bagaimana solusinya? Rufus patut Anda coba.

Rufus adalah software kecil untuk Windows yang mampu membantu Anda membuat USB bootable dengan proses yang lebih cepat dibanding software sejenisnya. Menurut pengakuan pembuatnya, Rufus bisa bekerja 2 kali lebih cepat daripada Windows 7 USB/DVD Tool, Universal USB Installer dan UNetBootin.
Antarmuka Rufus
Antarmuka Rufus
Sistem Operasi Windows yang didukung Rufus adalah Windows XP (SP2 atau lebih tinggi), Windows Server 2003 R2, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8. Rufus juga mendukung Linux seperti Arch Linux, Hiren’s Boot CD, Parted Magic, Knoppix, Kubuntu, OpenSUSE, CentOS, Fedora dan berbagai distroLinux lainnya.

Cara menggunakannya sangat mudah. Setelah di download bisa langsung dijalankan (portable). Pilih drive USB, cari lokasi ISO lalu tekan tombol start untuk mulai proses transfer. Jangan lupa untuk membackup isi flashdisk karena Rufus akan otomatis memformat flashdisk yang Anda gunakan.

Rufus bisa di download gratis di http://rufus.akeo.ie/ (442 Kb)

Leave a Reply